Skip to main content

Jangan Takut Jejakkan Kaki di Negeri Orang; 7 Tips Melancong Asyik di Luar Negeri

Pernah datang ke kantor imigrasi 10 - 5 tahun yang lalu?
Sudah pernah datang lagi dalam waktu dekat ini?

“Datang sebelum buka loket biar bisa cepat” begitu ujar seorang kawan yang sudah berpengalaman membuat passport. Ia menambahkan bahwa antrian pembuat passport sekarang ini bisa melebihi jumlah passport yang disediakan perharinya. Langsung terbayang suasana antrian pembayaran pajak kendaraan bermotor yang mengerikan itu.

Walau begitu, passport adalah dokumen penting sebelum kita bisa pergi menjejakkan kaki ke negeri orang. Rhenald Kasali, seorang Guru Besar Manajemen Pemasaran di Universitas Indonesia, berkata bahwa passport adalah anak kunci yang akan kita gunakan untuk membuka pintu luar negeri.

Ada beberapa tips agar kita berani menapakkan kaki di negeri orang yang bisa dipertimbangkan.

Pertama, seperti sudah disebutkan diatas adalah buatlah passport. Jika sudah memiliki passport, pastikan bahwa passport tersebut masih berlaku setidaknya diatas 3 tahun. Hal ini untuk berjaga apabila ternyata negeri yang ingin dikunjungi mensyaratkan masa berlaku passport yang cukup ketat. 

Jika anda bukan diplomat atau warga kehormatan atau sejenisnya, pastikan juga bahwa passport yang anda buat adalah passport umum baik elektronik maupun cetak.  Jika masa berlaku passport anda dibawah 3 tahun, segera perpanjang.

Jangan memberikan data palsu saat anda membuat passport, karena dampaknya anda juga yang akan rugi apabila terjadi  sesuatu pada anda di negeri orang nantinya.

Biaya pembuatan passport saat ini hanya  1% atau maksimal 3% dari upah minimum provinsi DKI Jakarta. Jadi tidaklah terlampau mahal harga untuk memperoleh anak kunci untuk membuka jendela luar negeri.

Kedua, niatkan kemana anda akan menjejakkan kaki diluar negeri sana. Ingatlah bahwa niat harus dibarengi antara keyakinan dan usaha. Yakin lah bahwa anda akan tiba di negeri yang anda akan tuju dan berusahalah dengan berbuat semaksimal mungkin.

Untuk anda yang pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar negeri, atau bagi anda yang baru akan mendatangi suatu negeri, sebaiknya anda sudah memilih lebih dahulu negeri yang akan anda kunjungi. Pelajari baik-baik informasi mengenai negeri yang akan anda kunjungi. Saya memiliki guideline pertanyaan yang dapat anda gunakan untuk mempelajari negeri yang akan anda kunjungi;
1.     Bagaimana bentuk negara dan pemerintahannya? Kalau bisa juga kelembagaan negara serta rangkuman sistem hukumnya.

Ini penting untuk menetapkan objek kunjungan dan juga perlindungan diri. Di negeri yang bukan negeri monarki (kerajaan) pasti akan sia-sia jika kita niat untuk mengunjungi istana raja dengan segala ornament-ornamen uniknya.

Begitupula apabila terjadi kerusuhan massa disaat kita sedang berkunjung. Kita akan dengan mudah memilih untuk diamankan oleh milisi negara ketimbang milisi kerajaan apabila memang negara tersebut adalah negara republik konstitusional.

Coba bayangkan anda orang Swiss dan sedang berlibur di Jogjakarta, negara Indonesia.  Lalu ada kerusuhan yang ingin menggulingkan kekuasaan negara. Di Jogjakarta sendiri ada polisi kerajaan (abdi dalem) dan ada tentara (TNI) mana yang akan anda pilih?

2.     Bagaimana hubungan antar negaranya dengan negeri kita?

Kecuali anda sudah yakin bahwa anda dan keluarga/kerabat anda akan dapat mengatasi masalah yang mungkin terjadi, sebaiknya pilihlah negara dimana Indonesia sudah punya jalinan hubungan antar negara. Misalnya anda akan berlibur ke Israel yang kita belum punya hubungan bilateral dan saat anda disana ternyata Israel kalah perang dengan Palestina, atau bahkan dibubarkan oleh Iran apakah anda bisa yakinkan bahwa anda dapat kembali ke tanah air, padahal visa anda langsung tak berlaku?

3.     Sistem ekonomi dan mata uang?

Mengetahui sistem ekonomi dalam perenanaan liburan ke luar negeri perlu dimiliki oleh pelancong dari Indonesia. Setidaknya kita tahu bagaimana bank beroperasi dan mata uang yang berlaku disana. Misalnya anda akan ke China, anda perlu tahu bahwa anda akan temui beberapa nama lembaga yang tertera didalam mata uang dan semuanya syah menjadi alat pembayaran. Ada juga mata uang yang hanya berlaku di negara bagian namun tidak di negara federalnya dan seterusnya.

Tak kalah pentingnya adalah mengetahui tempat penukaran uang dan kurs mata uang negara yang akan anda kunjungi terhadap mata uang Rupiah. Syukurlah bagi anda yang memiliki gadget canggih sekarang ini sudah banyak applikasi yang bisa digunakan untuk keperluan ini.

4.     Sistem transportasi?

Sistem transportasi yang perlu anda ketahui di negeri yang akan anda kunjungi adalah sistem transportasi umum yang banyak digunakan oleh masyarakat setempat. Dan ingatlah bahwa tujuan awal anda kenegeri orang. Apabila hanya untuk berlibur, maka sesuaikan transportasi yang mendukung aktivitas anda. Tidak perlu membeli kendaraan baru dinegeri orang walaupun mungkin anda sanggup untuk itu.

Cukuplah dengan fokus pada kendaraan-kendaraan umum yang dapat anda manfaatkan untuk liburan anda. Pilihan paling aman adalah dengan menumpang taxi, tapi percayalah bagi anda yang pemalu atau takut untuk bicara dengan orang baru, akan lebih menyenangkan membaca petunjuk arah ketimbang menjelaskan tujuan wisata anda kepada taxi driver. Belum lagi resiko rute yang anda buta sama sekali. Menumpang taxi akan memudahkan sang pengemudi membawa anda berputar-putar dan menagih anda dengan billing yang cukup membuat anda siap untuk melempar sepatu. Jelas berbeda dengan trayek bis/monorail dan sejenisnya yang sudah pasti dalam satu trip.

Jalur kendaraan umum jauh lebih aman dan mudah anda ikuti ketimbang jalur-jalur khusus atau biasa dikenal dengan jalur tikus. Ikutilah jalur tersebut walaupun anda menggunakan taxi.

5.     Bagaimana Sistem sosial negeri yang akan anda kunjungi

Jika disini saja kita mengenal sebutan “daerah hitam” untuk menyebut tempat-tempat tertentu yang tingkat kejahatannya terkenal cukup tinggi, maka begitupula keadaan di negeri orang. Pengetahuan kita terkait hal tersebut akan dapat meyelamatkan kita dari hal yang tidak kita inginkan.

Jangan bayangkan bahwa negeri yang akan anda kunjungi akan lebih “beradab” karena rata-rata tingkat pendidikan mereka lebih tinggi dari kita. Mereka juga seperti kita, punya preman-preman, gelandangan dan ketimpangan sosial yang hampir sama dengan kita.

Dari lima pertanyaan dasar tersebut anda akan bisa berselancar lebih terarah untuk mengetahui seluk beluk negara yang akan anda kunjungi. Percayalah hal ini lebih penting ketimbang anda mendaftarkan lokasi-lokasi wisata yang akan dengan sangat mudah anda dapatkan karena informasinya memang begitu luas dapat diperoleh.

Tips ketiga, setelah anda membulatkan keyakinan dan usaha didalam niatan anda, anda perlu membangun komitmen. Komitmen bahwa anda harus keluar negeri berlibur sepertihalnya orang bule-bule itu berlibur ke Indonesia. Caranya? ,
a.     Siapkan rekening khusus untuk anda berlibur. Selalu siapkan uang untuk mengisi rekening ini dan jangan gunakan kecuali untuk berlibur. Komitmen anda untuk rekening ini akan menentukan kesuksesan anda kedepannya.
b.     Ajukan permohonan kartu kredit visa atau master hal ini perlu untuk berjaga apabila dalam keadaan terdesak anda harus membayar keperluan liburan anda.
c.      Tentukan waktu berlibur dan durasinya disaat anda membulatkan niat. Misalnya anda berniat untuk berlibur di Prancis selama 1minggu, maka anda sudah bisa membangun komitmen untuk mengusahakan hal itu terjadi. Mulai dari jumlah rekening, kartu kredit yang akan dibawa dan seterusnya.

Tiga tips diatas adalah tips dalam masa persiapan sebelum mendekati waktunya anda berangkat keluar negeri.

Selanjutnya ketika mendekati waktunya anda berangkat ada beberapa tips tambahan;

Keempat, Pelajari persyaratan ijin masuk ke negeri yang akan anda kunjungi. Ada negara yang visanya bisa kita urus saat kita tiba/didalam penerbangan menuju negara tersebut, ada negara yang mengharuskan warga negara lain sudah memiliki ijin masuk sebelum mendarat di negerinya. Tapi tenang, kalau anda memutuskan menggunakan pesawat terbang, maka anda akan aman untuk urusan ini.  Petugas imigrasi dipastikan akan memeriksa kelengkapan dokumen anda sebelum anda diterbangkan keluar negeri dan kalau negeri yang dituju mensyaratkan kepemilikan visa lebih dulu, maka anda pasti tidak diijinkan naik pesawat jika tak memiliki visa.

Untuk anda yang memutuskan untuk berlayar kenegeri orang, maka anda benar-benar harus memastikan hal ini sendiri. Apalagi anda berlayar menumpang kapal yang bukan peruntukannya untuk tamasya.

Kelima, mulailah untuk berburu busana sesuai kondisi negara yang akan dituju. Penting bagi kita yang akan berpergian keluar negeri untuk menyiapkan busana sesuai kondisi dinegeri yang kita tuju. Jangan coba-coba menggunakan busana terbuka untuk berlibur di daerah seperti Saudi Arabia, Marocco  dan beberapa lainnya. Selain bertentangan dengan budaya setempat, hal tersebut juga akan membuat kulit anda akan mudah tersengat matahari.

Mengetahui cuaca 10 hari sebelum anda tiba dan setelahnya akan lebih baik untuk persiapan anda. Anda akan lebih mudah menghadapi medan yang sudah anda ketahui situasinya.

Keenam, Siapkan kontak darurat anda didalam negeri dan bangun kontak dengan kedutaan atau perwakilan RI di negeri yang akan anda tuju. Membangun kontak  di luar negeri dapat anda lakukan dengan cara memastikan bahwa nomor telepon kantor perwakilan RI atau pejabat yang dapat anda hubungi benar-benar aktif. Anda dapat juga berselancar dengan mencari lembaga-lembaga non pemerintah yang ada diluarnegeri, misanya perwakilan tours and travel, organisasi mahasiswa/kemasyarakatan bahkan mungkin jaringan pengusaha dan sejenisnya.

Ketujuh, karena tujuan utama anda adalah berlibur, maka jangan persulit diri anda dengan barang bawaan seperti halnya anda akan menetap lama disuatu tempat. Percayalah apa yang anda pakai sehari-hari di Indonesia pasti juga akan anda temui di negeri tujuan wisata anda. Walaupun akan ada perbedaan harga namun bisa dipastikan bahwa jika anda sudah meniatkan dengan sungguh-sungguh pastinya anda akan dengan mudah mengatasi masalah-masalah yang demikian.

Keperluan-keperluan teknis seperti peta wisata, kendaraan ditempat wisata, penginapan, tempat makan halal, termasuk biaya-biayanya tak kurang juga menjadi penting untuk disiapkan ketika hari sudah semakin dekat untuk pemberangkatan. Namun itu semua akan sangat tergantung dari komitmen dan niat anda. Anda yang mau berlibur dengan gaya backpacker tentu akan menjaga niat dan komitmen dengan cara yang berbeda dengan yang ingin berlibur dengan fasilitas kelas atas.

Dengan tujuh tips yang disampaikan ini setidaknya anda akan memahami bahwa penulis tips ini adalah orang yang berniat besar untuk berlibur keluar negeri namun belum kunjung tiba waktunya untuk berangkat. Serangkaian niat, komitmen dan usaha yang dilakukan masih belum bisa mengantarkannya ke hari-H pemberangkatan. Nasib. (Sry)

Comments

Popular posts from this blog

PIPIN CEPLOS

Entah kenapa sejak kemarin malam 19/03 pikiran saya “terganggu” dengan akan berlangsungnya Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Mungkin karena halangan saat pulang kantor ketika saya (ternyata) melalui kantor KPUD DKI yang sedang dipenuhi massa pendukung FOKE – NARA, atau mungkin karena memang sedang “iseng” atau bisa jadi karena pikiran lagi kepingin dibawa serius. Namun yang pasti hingga malam ini 20/03, “gangguan” tersebut masih tersisa dikepala saya. Pagi tadi, saya coba berselancar di jagat maya, mencari tahu siapa saja yang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon pemimpin di DKI Jakarta ini. Ternyata sudah ramai pasangan yang mendaftarkan diri di KPUD DKI. Ada Alex –Nono, Hendardji-Riza, Jokowi-Ahok, Foke-Nara, Hidayat-Didik yang kesemuanya didukung partai atau koalisi partai atau “mencoba untung” dari dukungan partai. Hanya satu pasangan bakal calon yang menarik perhatian saya Faisal-Biem yang diusung melalui jalur independen. Dari awal memang saya sudah menaruh antipati ter

Dapat Link Buku

Buat temans yang senang membaca lewat komputer, Ada hadiah dari seorang kawan yang juga penikmat e-book. Sayang, saya belum sempat preview semua halaman websitenya, jadi saya belum dapat memberi cerita apapun tentang hal ini. Coba jelajahi di perpustakaan digital ini .

Pendidikan Ganda demi Bonus Demografi

DJOKO SANTOSO DIDIE SW . Daripada tidak, Indonesia lebih baik sedikit terlambat untuk memulai sistem pendidikan ganda dalam pendidikan tinggi. Sistem ini sukses diterapkan Jerman dan ditiru banyak negara Eropa, termasuk menjadi pendo- rong kemajuan Korea Selatan. Maka, wajar jika Presiden Joko Widodo meminta agar hal tersebut segera serius dilaksanakan. Presiden memang berkali-kali menekankan relasi antara pendidikan dan kebutuhan nyata sesuai perkembangan cepat zaman. Lantas apa pentingnya dan bagaimana sebenarnya cara kerja dari sistem pendidikan ganda? Bagaimana perguruan tinggi bersama perusahaan industri bisa menerapkan pendidikan kejuruan dan pelatihannya tersebut dengan sukses? Jerman menerapkan sistem pendidikan ganda dalam upaya mempercepat penyejahteraan penduduknya. Sistem ini menghasilkan kontribusi besar dari sejumlah besar kaum muda yang berketerampilan khusus. Model pendidikan praktis ini dapat melatih kaum muda dalam keterampilan yang relev