Skip to main content

TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN

NYONYA MENEER


Uraian Singkat

PT.NYONYA MENEER sebagai produsen jamu tradisional merupakan pioneer industri modern untuk produk obat-obatan yang justru berkonotasi tradisional. Perkembangan persaingan industri Jamu sebagai obat tradisional di Indonesia khususnya telah menempatkan Jamu tidak lagi hanya sebagai produk obat tradisional, melainkan juga sudah sampai sejajar dengan industri obat-obatan kimiawi lainnya.

Persaingan industri yang demikian pesat, khususnya dalam industri Jamu, membuat perlunya penerapan strategi komunikasi pemasaran yang baik bagi pelaku industri ini. Keberadaan NYONYA MENEER sebagai brand jamu nasional tidak dapat dipungkiri merupakan pelopor dalam industri sejenis. Namun demikian, kini brand dengan ikon sang nyonya ini bersaing sangat ketat dengan industri sejenis yang mengunggulkan ikon “alu-lumpang”. Untuk itu diperlukan strategi integrated marketing communication yang dapat mengembalikan posisi NM sebagai preferensi utama obat tradisional bagi konsumen.

Menggunakan tipologi AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action), Koin Organizer mengajukan usulan rangkaian aktivitas sebagai berikut:

AWARENESS
1. JOGLO SEHAT NYONYA MENEER (yaitu membuat sebuah booth yang dilengkapi dengan produk NM dan fasilitas kesehatan tradisional; misalnya pijat tradisional yang ditempatkan di pusat aktivitas lelah masyarakat misalnya terminal, mall, dan perkantoran)
2. NYONYA MENEER MENGABDI (yaitu rangkaian aktivitas sosial NM di wilayah yang mengandung media interest yang tinggi seperti di wilayah korban bencana, wilayah minim akses dan fasilitas di Indonesia dll)
3. TUAN DAN NYONYA MENEER (berupa kontes semacam abang-none/akang-teteh, koko-cici yang mengutamakan ikonografi TOEAN-NYONYA MENEER dari dulu hingga sekarang)
4. KELUARGA MENEER (merupakan kontes yang diperuntukan bagi para konsumen produk NM)
5. BERANDA NYONYA MENEER (yaitu aktivitas gembira yang diperuntukan bagi stakeholder NM seperti, JALAN SEHAT 10K NM, Panggung Musik dan Hiburan, Karnaval Produk NM, dan sejenisnya)
INTEREST
1. Mengkombinasikan aktivitas IMC dalam sebuah aktivitas bertema “TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN”
2. Memanfaatkan media massa sebagai alat komunikasi dan sosialisasi
3. Menggunakan ikon/tokoh/artis/karakter tradisional
DESIRE
Direct Selling
Bonus/Diskon Penjualan
ACTION
FOCUS ACTIVITY FIELD (yaitu memilih wilayah fokus aktivitas yang dapat dijadikan tempat berlangsungnya semua aktivitas “TRADISI UNTUK SEHAT MODERN” (In Tradition We Health)









Rangkaian program aktivitas ini pada pelaksanaannya akan berisi berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam sebuah rangkaian panjang kegiatan untuk memposisikan kembali NM sebagai preferensi pemeliharaan dan pengobatan dengan cara tradisional. Hal tersebut meliputi:


JOGLO SEHAT NYONYA MENEER
1. Pameran Produk NM
2. Pemberian Layanan Kesehatan Gratis
3. Layanan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan NM
NYONYA MENEER MENGABDI
1. GALANG DANA KORBAN BENCANA NM
2. Sumbangan Dana Sosial NM (CSR Program)
TUAN DAN NYONYA MENEER
1. Kontes “BEAUTY, BRAIN and BODY HEALTH” bagi pemuda-pemudi yang akan menjadi duta NM

KELUARGA MENEER
1. Kontes Balita Sehat “Balita Sehat, Balita Telon NM”
2. Kontes Lansia Sehat NM
3. Konsumen Setia NM (radio program)
BERANDA NYONYA MENEER
1. Panggung Hiburan
2. Karnaval Jalan Sehat Produk NM
3. Seminar, Launching dll

Comments

Popular posts from this blog

PIPIN CEPLOS

Entah kenapa sejak kemarin malam 19/03 pikiran saya “terganggu” dengan akan berlangsungnya Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta. Mungkin karena halangan saat pulang kantor ketika saya (ternyata) melalui kantor KPUD DKI yang sedang dipenuhi massa pendukung FOKE – NARA, atau mungkin karena memang sedang “iseng” atau bisa jadi karena pikiran lagi kepingin dibawa serius. Namun yang pasti hingga malam ini 20/03, “gangguan” tersebut masih tersisa dikepala saya. Pagi tadi, saya coba berselancar di jagat maya, mencari tahu siapa saja yang sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon pemimpin di DKI Jakarta ini. Ternyata sudah ramai pasangan yang mendaftarkan diri di KPUD DKI. Ada Alex –Nono, Hendardji-Riza, Jokowi-Ahok, Foke-Nara, Hidayat-Didik yang kesemuanya didukung partai atau koalisi partai atau “mencoba untung” dari dukungan partai. Hanya satu pasangan bakal calon yang menarik perhatian saya Faisal-Biem yang diusung melalui jalur independen. Dari awal memang saya sudah menaruh antipati ter

Dapat Link Buku

Buat temans yang senang membaca lewat komputer, Ada hadiah dari seorang kawan yang juga penikmat e-book. Sayang, saya belum sempat preview semua halaman websitenya, jadi saya belum dapat memberi cerita apapun tentang hal ini. Coba jelajahi di perpustakaan digital ini .

Pendidikan Ganda demi Bonus Demografi

DJOKO SANTOSO DIDIE SW . Daripada tidak, Indonesia lebih baik sedikit terlambat untuk memulai sistem pendidikan ganda dalam pendidikan tinggi. Sistem ini sukses diterapkan Jerman dan ditiru banyak negara Eropa, termasuk menjadi pendo- rong kemajuan Korea Selatan. Maka, wajar jika Presiden Joko Widodo meminta agar hal tersebut segera serius dilaksanakan. Presiden memang berkali-kali menekankan relasi antara pendidikan dan kebutuhan nyata sesuai perkembangan cepat zaman. Lantas apa pentingnya dan bagaimana sebenarnya cara kerja dari sistem pendidikan ganda? Bagaimana perguruan tinggi bersama perusahaan industri bisa menerapkan pendidikan kejuruan dan pelatihannya tersebut dengan sukses? Jerman menerapkan sistem pendidikan ganda dalam upaya mempercepat penyejahteraan penduduknya. Sistem ini menghasilkan kontribusi besar dari sejumlah besar kaum muda yang berketerampilan khusus. Model pendidikan praktis ini dapat melatih kaum muda dalam keterampilan yang relev