Skip to main content

TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN

NYONYA MENEER


Uraian Singkat

PT.NYONYA MENEER sebagai produsen jamu tradisional merupakan pioneer industri modern untuk produk obat-obatan yang justru berkonotasi tradisional. Perkembangan persaingan industri Jamu sebagai obat tradisional di Indonesia khususnya telah menempatkan Jamu tidak lagi hanya sebagai produk obat tradisional, melainkan juga sudah sampai sejajar dengan industri obat-obatan kimiawi lainnya.

Persaingan industri yang demikian pesat, khususnya dalam industri Jamu, membuat perlunya penerapan strategi komunikasi pemasaran yang baik bagi pelaku industri ini. Keberadaan NYONYA MENEER sebagai brand jamu nasional tidak dapat dipungkiri merupakan pelopor dalam industri sejenis. Namun demikian, kini brand dengan ikon sang nyonya ini bersaing sangat ketat dengan industri sejenis yang mengunggulkan ikon “alu-lumpang”. Untuk itu diperlukan strategi integrated marketing communication yang dapat mengembalikan posisi NM sebagai preferensi utama obat tradisional bagi konsumen.

Menggunakan tipologi AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action), Koin Organizer mengajukan usulan rangkaian aktivitas sebagai berikut:

AWARENESS
1. JOGLO SEHAT NYONYA MENEER (yaitu membuat sebuah booth yang dilengkapi dengan produk NM dan fasilitas kesehatan tradisional; misalnya pijat tradisional yang ditempatkan di pusat aktivitas lelah masyarakat misalnya terminal, mall, dan perkantoran)
2. NYONYA MENEER MENGABDI (yaitu rangkaian aktivitas sosial NM di wilayah yang mengandung media interest yang tinggi seperti di wilayah korban bencana, wilayah minim akses dan fasilitas di Indonesia dll)
3. TUAN DAN NYONYA MENEER (berupa kontes semacam abang-none/akang-teteh, koko-cici yang mengutamakan ikonografi TOEAN-NYONYA MENEER dari dulu hingga sekarang)
4. KELUARGA MENEER (merupakan kontes yang diperuntukan bagi para konsumen produk NM)
5. BERANDA NYONYA MENEER (yaitu aktivitas gembira yang diperuntukan bagi stakeholder NM seperti, JALAN SEHAT 10K NM, Panggung Musik dan Hiburan, Karnaval Produk NM, dan sejenisnya)
INTEREST
1. Mengkombinasikan aktivitas IMC dalam sebuah aktivitas bertema “TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN”
2. Memanfaatkan media massa sebagai alat komunikasi dan sosialisasi
3. Menggunakan ikon/tokoh/artis/karakter tradisional
DESIRE
Direct Selling
Bonus/Diskon Penjualan
ACTION
FOCUS ACTIVITY FIELD (yaitu memilih wilayah fokus aktivitas yang dapat dijadikan tempat berlangsungnya semua aktivitas “TRADISI UNTUK SEHAT MODERN” (In Tradition We Health)









Rangkaian program aktivitas ini pada pelaksanaannya akan berisi berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam sebuah rangkaian panjang kegiatan untuk memposisikan kembali NM sebagai preferensi pemeliharaan dan pengobatan dengan cara tradisional. Hal tersebut meliputi:


JOGLO SEHAT NYONYA MENEER
1. Pameran Produk NM
2. Pemberian Layanan Kesehatan Gratis
3. Layanan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan NM
NYONYA MENEER MENGABDI
1. GALANG DANA KORBAN BENCANA NM
2. Sumbangan Dana Sosial NM (CSR Program)
TUAN DAN NYONYA MENEER
1. Kontes “BEAUTY, BRAIN and BODY HEALTH” bagi pemuda-pemudi yang akan menjadi duta NM

KELUARGA MENEER
1. Kontes Balita Sehat “Balita Sehat, Balita Telon NM”
2. Kontes Lansia Sehat NM
3. Konsumen Setia NM (radio program)
BERANDA NYONYA MENEER
1. Panggung Hiburan
2. Karnaval Jalan Sehat Produk NM
3. Seminar, Launching dll

Comments

Popular posts from this blog

Pendidikan Ganda demi Bonus Demografi

DJOKO SANTOSO DIDIE SW . Daripada tidak, Indonesia lebih baik sedikit terlambat untuk memulai sistem pendidikan ganda dalam pendidikan tinggi. Sistem ini sukses diterapkan Jerman dan ditiru banyak negara Eropa, termasuk menjadi pendo- rong kemajuan Korea Selatan. Maka, wajar jika Presiden Joko Widodo meminta agar hal tersebut segera serius dilaksanakan. Presiden memang berkali-kali menekankan relasi antara pendidikan dan kebutuhan nyata sesuai perkembangan cepat zaman. Lantas apa pentingnya dan bagaimana sebenarnya cara kerja dari sistem pendidikan ganda? Bagaimana perguruan tinggi bersama perusahaan industri bisa menerapkan pendidikan kejuruan dan pelatihannya tersebut dengan sukses? Jerman menerapkan sistem pendidikan ganda dalam upaya mempercepat penyejahteraan penduduknya. Sistem ini menghasilkan kontribusi besar dari sejumlah besar kaum muda yang berketerampilan khusus. Model pendidikan praktis ini dapat melatih kaum muda dalam keterampilan yang relev...

Masa Depan PAN (1): Tragedi Pulang Kandang dan Poros Tengah

BAMBANG SETIAWAN   5 Januari 2018  10:49 WIB     KOMPAS Di hadapan 15.000 orang yang memadati Istora Senayan, Jakarta, 23 Agustus 1998, tokoh reformasi Amien Rais meresmikan berdirinya Partai Amanat Nasional (PAN). Didukung tokoh masyarakat dari berbagai latar belakang etnis dan agama, PAN berdiri dengan lambang matahari yang menyinari segala penjuru. Partai Amanat Nasional (PAN) menarik bukan hanya karena sejarah berdirinya, melainkan karena perjalanan politiknya yang mengubah partai perjuangan ini menjadi partai figur. Dari semangat partai berdimensi plural menjadi partai bernuansa tunggal. Sebagai partai politik yang kemunculannya memanfaatkan momentum gerakan reformasi yang menumbangkan Orde Baru, PAN awalnya sangat dekat dengan semangat pembaruan dengan menggalang sebanyak mungkin elemen masyarakat. Sebagian tokoh kunci reformasi menjadi tiang berdirinya partai berlambang matahari ini. Di tengah kerusuhan yang masih berlang...

Tentang Perdagangan Daring

J SOEDRADJAD DJIWANDONO   8 Januari 2018     Pada November lalu terjadi berbagai peristiwa yang menarik dalam perdagangan eceran. Di China, pada tanggal 11 ada  Singles Day Sales ,yang konon berasal dari acara pesta pora mahasiswa yang tidak punya pacar di Universitas Nanjing, yang mengompensasikan status mereka dengan bersenang-senang bersama. Mereka memilih tanggal penyelenggaraan pada 11 November (11-11) sebagai tanda status mereka yang masih  single. Pertama dilaksanakan pada 1993 dan hari tersebut diberi nama  Singles-day  atau  Bachelors-day.  Kemudian pada 2011 tradisi tersebut oleh pedagang eceran dimanfaatkan sebagai kampanye penjualan barang jualan mereka secara besar-besaran dengan diskon yang menarik dan lahirlah  Singles Day Sales  (SDS). Pada 24 November di Amerika Serikat (AS) dan Inggris serta negara-negara lain, ada  Black Friday , penjualan dengan diskon besar-besaran setel...