NYONYA MENEER
Uraian Singkat
PT.NYONYA MENEER sebagai produsen jamu tradisional merupakan pioneer industri modern untuk produk obat-obatan yang justru berkonotasi tradisional. Perkembangan persaingan industri Jamu sebagai obat tradisional di Indonesia khususnya telah menempatkan Jamu tidak lagi hanya sebagai produk obat tradisional, melainkan juga sudah sampai sejajar dengan industri obat-obatan kimiawi lainnya.
Persaingan industri yang demikian pesat, khususnya dalam industri Jamu, membuat perlunya penerapan strategi komunikasi pemasaran yang baik bagi pelaku industri ini. Keberadaan NYONYA MENEER sebagai brand jamu nasional tidak dapat dipungkiri merupakan pelopor dalam industri sejenis. Namun demikian, kini brand dengan ikon sang nyonya ini bersaing sangat ketat dengan industri sejenis yang mengunggulkan ikon “alu-lumpang”. Untuk itu diperlukan strategi integrated marketing communication yang dapat mengembalikan posisi NM sebagai preferensi utama obat tradisional bagi konsumen.
Menggunakan tipologi AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action), Koin Organizer mengajukan usulan rangkaian aktivitas sebagai berikut:
AWARENESS
1. JOGLO SEHAT NYONYA MENEER (yaitu membuat sebuah booth yang dilengkapi dengan produk NM dan fasilitas kesehatan tradisional; misalnya pijat tradisional yang ditempatkan di pusat aktivitas lelah masyarakat misalnya terminal, mall, dan perkantoran)
2. NYONYA MENEER MENGABDI (yaitu rangkaian aktivitas sosial NM di wilayah yang mengandung media interest yang tinggi seperti di wilayah korban bencana, wilayah minim akses dan fasilitas di Indonesia dll)
3. TUAN DAN NYONYA MENEER (berupa kontes semacam abang-none/akang-teteh, koko-cici yang mengutamakan ikonografi TOEAN-NYONYA MENEER dari dulu hingga sekarang)
4. KELUARGA MENEER (merupakan kontes yang diperuntukan bagi para konsumen produk NM)
5. BERANDA NYONYA MENEER (yaitu aktivitas gembira yang diperuntukan bagi stakeholder NM seperti, JALAN SEHAT 10K NM, Panggung Musik dan Hiburan, Karnaval Produk NM, dan sejenisnya)
INTEREST
1. Mengkombinasikan aktivitas IMC dalam sebuah aktivitas bertema “TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN”
2. Memanfaatkan media massa sebagai alat komunikasi dan sosialisasi
3. Menggunakan ikon/tokoh/artis/karakter tradisional
DESIRE
Direct Selling
Bonus/Diskon Penjualan
ACTION
FOCUS ACTIVITY FIELD (yaitu memilih wilayah fokus aktivitas yang dapat dijadikan tempat berlangsungnya semua aktivitas “TRADISI UNTUK SEHAT MODERN” (In Tradition We Health)
Rangkaian program aktivitas ini pada pelaksanaannya akan berisi berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam sebuah rangkaian panjang kegiatan untuk memposisikan kembali NM sebagai preferensi pemeliharaan dan pengobatan dengan cara tradisional. Hal tersebut meliputi:
JOGLO SEHAT NYONYA MENEER
1. Pameran Produk NM
2. Pemberian Layanan Kesehatan Gratis
3. Layanan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan NM
NYONYA MENEER MENGABDI
1. GALANG DANA KORBAN BENCANA NM
2. Sumbangan Dana Sosial NM (CSR Program)
TUAN DAN NYONYA MENEER
1. Kontes “BEAUTY, BRAIN and BODY HEALTH” bagi pemuda-pemudi yang akan menjadi duta NM
KELUARGA MENEER
1. Kontes Balita Sehat “Balita Sehat, Balita Telon NM”
2. Kontes Lansia Sehat NM
3. Konsumen Setia NM (radio program)
BERANDA NYONYA MENEER
1. Panggung Hiburan
2. Karnaval Jalan Sehat Produk NM
3. Seminar, Launching dll
Uraian Singkat
PT.NYONYA MENEER sebagai produsen jamu tradisional merupakan pioneer industri modern untuk produk obat-obatan yang justru berkonotasi tradisional. Perkembangan persaingan industri Jamu sebagai obat tradisional di Indonesia khususnya telah menempatkan Jamu tidak lagi hanya sebagai produk obat tradisional, melainkan juga sudah sampai sejajar dengan industri obat-obatan kimiawi lainnya.
Persaingan industri yang demikian pesat, khususnya dalam industri Jamu, membuat perlunya penerapan strategi komunikasi pemasaran yang baik bagi pelaku industri ini. Keberadaan NYONYA MENEER sebagai brand jamu nasional tidak dapat dipungkiri merupakan pelopor dalam industri sejenis. Namun demikian, kini brand dengan ikon sang nyonya ini bersaing sangat ketat dengan industri sejenis yang mengunggulkan ikon “alu-lumpang”. Untuk itu diperlukan strategi integrated marketing communication yang dapat mengembalikan posisi NM sebagai preferensi utama obat tradisional bagi konsumen.
Menggunakan tipologi AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action), Koin Organizer mengajukan usulan rangkaian aktivitas sebagai berikut:
AWARENESS
1. JOGLO SEHAT NYONYA MENEER (yaitu membuat sebuah booth yang dilengkapi dengan produk NM dan fasilitas kesehatan tradisional; misalnya pijat tradisional yang ditempatkan di pusat aktivitas lelah masyarakat misalnya terminal, mall, dan perkantoran)
2. NYONYA MENEER MENGABDI (yaitu rangkaian aktivitas sosial NM di wilayah yang mengandung media interest yang tinggi seperti di wilayah korban bencana, wilayah minim akses dan fasilitas di Indonesia dll)
3. TUAN DAN NYONYA MENEER (berupa kontes semacam abang-none/akang-teteh, koko-cici yang mengutamakan ikonografi TOEAN-NYONYA MENEER dari dulu hingga sekarang)
4. KELUARGA MENEER (merupakan kontes yang diperuntukan bagi para konsumen produk NM)
5. BERANDA NYONYA MENEER (yaitu aktivitas gembira yang diperuntukan bagi stakeholder NM seperti, JALAN SEHAT 10K NM, Panggung Musik dan Hiburan, Karnaval Produk NM, dan sejenisnya)
INTEREST
1. Mengkombinasikan aktivitas IMC dalam sebuah aktivitas bertema “TRADISI UNTUK KESEHATAN MODERN”
2. Memanfaatkan media massa sebagai alat komunikasi dan sosialisasi
3. Menggunakan ikon/tokoh/artis/karakter tradisional
DESIRE
Direct Selling
Bonus/Diskon Penjualan
ACTION
FOCUS ACTIVITY FIELD (yaitu memilih wilayah fokus aktivitas yang dapat dijadikan tempat berlangsungnya semua aktivitas “TRADISI UNTUK SEHAT MODERN” (In Tradition We Health)
Rangkaian program aktivitas ini pada pelaksanaannya akan berisi berbagai aktivitas yang diselenggarakan dalam sebuah rangkaian panjang kegiatan untuk memposisikan kembali NM sebagai preferensi pemeliharaan dan pengobatan dengan cara tradisional. Hal tersebut meliputi:
JOGLO SEHAT NYONYA MENEER
1. Pameran Produk NM
2. Pemberian Layanan Kesehatan Gratis
3. Layanan Perawatan Kesehatan dan Kecantikan NM
NYONYA MENEER MENGABDI
1. GALANG DANA KORBAN BENCANA NM
2. Sumbangan Dana Sosial NM (CSR Program)
TUAN DAN NYONYA MENEER
1. Kontes “BEAUTY, BRAIN and BODY HEALTH” bagi pemuda-pemudi yang akan menjadi duta NM
KELUARGA MENEER
1. Kontes Balita Sehat “Balita Sehat, Balita Telon NM”
2. Kontes Lansia Sehat NM
3. Konsumen Setia NM (radio program)
BERANDA NYONYA MENEER
1. Panggung Hiburan
2. Karnaval Jalan Sehat Produk NM
3. Seminar, Launching dll
Comments
Post a Comment